Saturday, October 21, 2017

Cara Menanam Buah Naga di Dalam Pot

Tanaman Buah Naga tidak hanya memiliki buah yang enak namun tanaman buah naga juga sangat cantik untuk dijadikan pajangan di halaman rumah. Maka tidak heran ada beberapa pecinta tanaman hias memilih tanaman buah naga sebagai penghias halaman rumah mereka selain enak di pandang buahnya juga dapat di konsumsi sendiri.
Cara Menanam Buah Naga di Dalam Pot
Buah naga di dalam Pot | Sumber:Pinterest.com

Nah kenapa harus di dalam pot? Sebab jika anda menanam tanaman buah naga di dalam pot, penataan taman di halaman rumah anda dapat dilakukan dengan mudah, karena dapat dipindahkan sesuai keinginan anda. Bagi yang penasaran apa saja yang harus dilakukan untuk menanam tanaman buah naga di dalam pot? Mari kita lakukan langkah-langkah berikut ini.

Cara menanam Tanaman Buah Naga di Dalam Pot

Berikut ini adalah langkah-langkah yang akan kita lakukan jika ingin menanam tanaman buah naga di dalam pot:

Mempersiapkan bahan-bahan

Yang pertama adalah menyiapkan pot, anda dapat menggunakan pot dari berbagai jenis sesuai keinginan anda sendiri agar dapat menyesuaikan dengan lingkungan tempat di halaman rumah anda lebih baik pilihlah yang sesuai dan tidak gampang rapuh, bahan pot yang paling bagus menurut kami adalah yang menggunakan tanah dan untuk ukuran pilihlah ukuran pot kurang lebih 40 cm.

Selain mempersiapkan Pot, bahan lainnya adalah mempersiapkan Tiang Panjatan tanaman buah naga. Karena tiang panjatan sangat penting agar buah naga tidak patah. Namun untuk menyesuaikan tanaman buah naga di dalam pot maka pilih tiang yang berukuran kecil dan kuat agar tidak mudah tumbang saat terkena angin.

Setelah Pot dan Tiang, hal terpenting adalah bibit tanaman buah naga, untuk bibit usahakan memilih bibit yang bagus agar tidak mengecewakan nantinya. Anda dapat memilih bibit tanaman buah naga baik itu bibit buah naga kuning, merah maupun putih, tergantung selera masing-masing.
bibit tanaman buah naga di dalam pot
Bibit tanaman Buah naga

Catatan: Akan lebih baik apabila anda membuat sendiri tiang panjatan tersebut dengan menggunakan beton agar lebih kuat dan tahan lama. 

Mempersiapkan Media Tanaman Buah Naga

Seletah menyediakan perlengkapan seperti Pot dan Tiang sudah tentu anda juga mempersiapan media tanam. Media tanam yang digunakan pasir, tanah akan lebih baik apabila memilih tanah bakar bercampur kotoran sapi atau ayam. 



Selain itu anda juga sudah tentu mempersiapkan pupuk. Untuk pembahasan pupuk anda dapat membaca artikel sebelumnya seperti yang telah kami bahas di artikel Cara Menanam Tanaman Buah Naga

Penanaman Bibit Buah Naga

Pemilihan bibit sangat penting maka dari itu kami sangat menyarankan agar anda memilih bibit yang sehat dan besar. Cara memilih bibit yang sehat dengan mengambil bibit tanaman buah naga dari batang yang sudah tua dan bebas dari penyakit dan pilihlah yang berwarna hijau keabuan. Untuk ukuran bibit yang baik sekitar 30cm. Setelah mendapatkan bibit yang baik tanam bibit buah naga tersebut ke dalam pot. 
Benih Buah Naga di Dalam Pot
Benih Buah Naga

Untuk penanaman bibit sebaiknya dalam satu pot anda menyemai/menanam 4-5 batang bibit buah naga agar dapat buah yang maksimal nantinya dalam 1 pot. Selain mendapatkan buah yang maksimal, dengan menanam 4-5 batang akan menjadikan bentuk tanaman buah naga menjadi indah dan dapat menjadi hiasan di halaman rumah.

Pemeliharaan Tanaman Buah Naga di Dalam Pot

Sebenarnya untuk pemeliharaan sama saja dengan menanam buah naga di kebun. Akan tetapi untuk pembentukan rangkaian batang buah naga anda dapat menatanya agar terlihat menarik dengan tujuan untuk hiasan halaman rumah. Selain itu pemeliharaan buah naga tidak ada bedanya dengan penanaman buah naga di kebun yaitu seperti pemupukan, penyiraman, pemangkasan peremajaan dan lainnya anda dapat melihat bagaimana memelihara tanaman buah naga di artikel sebelumnya. 

Sekian penjelasan kami tentang Cara Menanam Tanaman Buah Naga di Dalam Pot, semoga ilmu yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda yang ingin belajar menanam buah naga. Seandainya ada tambahan ilmu yang ingin anda sampaikan kami harapkan anda dapat berbagi dengan kami agar dapat dipelajari. Selamat Bercocok tanam.
Disqus Comments